HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 54.82.99.169
Pengunjung : 240.335


Newsflash :
PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG

Berdasarkan Visi Misi Yayasan Tarakanita ditemukan semangat dasar yang bersifat khas karya pelayanan pendidikan Tarakanita. Semangat dasar itu adalah cinta kasih yang berbelarasa (compassion). Semangat dasar inilah yang hendak dihayati oleh tenaga kependidikan dan peserta didik dalam mengembangkan potensi mereka menuju pribadi utuh. Untuk sekolah merumuskan profil sekolah yang diharapkan dapat dihidupi demi peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

 

1. Lingkungan sekolah

KB - TK Tarakanita 1 terletak di daerah elite Jakarta Selatan dengan letak geografis sebagai berikut:  kurang lebih 3 km arah selatan terdapat area bisnis Sudirman, 2 km arah utara terdapat area  pemukiman/apartemen  elite Darmawangsa dan sekitar 4 km terdapat pemukiman Kemang, 1 km arah timur laut terdapat pemukiman elite Panglima Polim, 500 m arah timur terdapat terminal dan pertokoan Blok M, dan 1 km arah barat terdapat pemukiman dan apartemen Gandaria dan sekitar 3 km terdapat pemukiman elite Pondok Indah.

Sekolah-sekolah internasional dan swasta semakin menjamur di daerah Jakarta Selatan. Sekolah-sekolah tersebut merupakan pesaing utama yang berat untuk menarik minat dan kepercayaan customer.

 

2. Keadaan gedung sekolah dan sarana prasarana

Keadaan gedung sekolah

Pada pertengahan tahun 80-an pembelajaran mulai dilangsungkan di Jl. Barito II/2  sampai saat ini. Sebelumnya KB - TK Tarakanita 1 meminjam gedung SD di Jl. Barito II/54. Gedung sekolah berada dalam satu bangunan dengan SMP Tarakanita 5 tetapi memiliki pintu gerbang sendiri. Gedung sekolah memiliki 1 ruangan untuk kantor  Kepala Sekolah, kantor Tata Usaha, Ruangan Guru, Ruang Tamu, 3 ruang kelas, 1 ruang bermain indoor, ruangan Perpustakaan, 1 ruangan UKS,  ruangan makan guru (kecil), 2 ruang gudang untuk kursi (sangat kecil) dan 1 ruang gudang peralatan mengajar guru, 1 aula terbuka, 2 tempat bermain outdoor (depan dan dalam area sekolah), satu ruang tunggu orang tua/wali murid, toilet siswa untuk laki-laki dan perempuan, 1 kamar mandi, 1 toilet guru, dan 2 toilet untuk orang tua/wali murid yang terdapat di area ruang tunggu dan 1 pos satpam.Setiap tahun gedung sekolah dicat agar terlihat bersih dan nyaman.

Demi peningkatan mutu pendidikan, lembaga perlu memikirkan pengadaan ruangan perpustakaan dan UKS untuk siswa. Selain itu perlu diperhatikan pula ketidakamanan dan ketidaknyamanan siswa ketika hujan karena atap depan sekolah bocor sehingga sebagai saran agar atap diperbaiki.

 

Keadaan sarana prasarana

KB - TK Tarakanita 1 memiliki sarana prasarana yang memadai untuk memperlancar pekerjaan administrasi kantor, administrasi guru, pembelajaran (alat-alat permainan dan media pembelajaran), sarana prasarana kebersihan dan keamanan.

Namun sekolah perlu meningkatkan ketersediaan sarana prasarana yang lebih baik dan mengikuti zaman. Misalnya melakukan modernisasi alat permainan outdoor serta perbaikan toilet yang memenuhi standar dan kenyamanan aula.

  1. Personil sekolah

 

  • Kepala sekolah

Latar belakang pendidikan Kepala Sekolah adalah  S1 tahun 2000. Jabatan sebagai kepala sekolah baru dijalani per 1 Juli 2009 sampai sekarang. Sebelumnya telah mengajar di  TK Tarakanita 2 selama 7  tahun, dan menjadi kepala sekolah di TK Tarakanita 2 selama 6 tahun.

Untuk peningkatan prpfesionalitas kepala sekolah telah mengikuti berbagai pelatihan, seminar, dan workshop tentang pendidikan anak usia dini.

 

  • Guru (6 Guru)

-    4 guru memiliki latar belakang pendidikan SPGTK

-    1 guru memiliki latar belakang pendidikan D2 PGSD

-    1 guru memiliki latar belakang pendidikan S1 Bimbingan Konseling

Saat ini 4 orang guru sedang menjalani studi lanjut S1 di Universitas Terbuka jurusan PAUD (semester 5 ada 2 orang, semester 1 satu orang dan semester 7 satu orang  ). Untuk peningkatan profesional, para guru telah mengikuti berbagai pelatihan, seminar, workshop dan studi banding mengenai pendidikan anak usia dini.

 

  • Tata Usaha

Latar belakang pendidikan petugas Tata Usaha adalah SMEA tahun 1991. Sebelum bekerja di TK Tarakanita 1, petugas Tata Usaha tersebut bekerja sebagai petugas Tata Usaha di SD Tarakanita 1 selama 17 tahun. Petugas Tata Usaha telah mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh Kantor Yayasan demi peningkatan profesional petugas Tata Usaha.

 

  • Pembantu Pelaksana (1 orang)

Latar belakang pendidikan pembantu pelaksana adalah lulusan SMP. Demi peningkatan kualitas  kerja,  petugas pembantu pelaksana telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Kantor Yayasan.

 

  • Satpam

Latar belakang pendidikan satpam adalah lulusan SMA. Demi peningkatan kualitas kerja, petugas satpam telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh kantor yayasan.

  1. 1.    Keadaan peserta didik

 

Terdapat 2 kelas Kelompok Bermain, 2 kelas TK A dan 2 kelas TK B.

  • KB I    :   15  anak
  • KB 2   :   10  anak
  • TK A1 :   25 anak
  • TK A2 :   25 anak
  • TK B1 :   24 anak
  • TK B2 :   24 anak

Jumlah keseluruhan peserta didik yaitu 123 anak.

 

 

  1. 2.    Keadaan orang tua murid.

Sebagian besar latar belakang pekerjaan orang tua murid adalah karyawan swasta dan latar belakang pendidikan mereka adalah S1.

 

  1. 3.    Kerja sama sekolah

 

  1. a.    Kerja sama dengan orang tua

Demi terjalinnya kerja sama yang baik antara sekolah dan orang tua maka sekolah melakukan beberapa kegiatan yang dapat melibatkan orang tua. Pada program kerja 2011/2012 ini ada beberapa kegiatan yang direncanakan oleh sekolah untuk menjalin kerja sama yang baik dengan orang tua murid. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah pertemuan awal tahun ajaran dengan tujuan melakukan dialog tentang pembelajaran dan performance guru dalam mendampingi anak-anak, penyediaan kotak saran agar orang tua dapat lebih leluasa memberikan kritik dan saran demi pengembangan pelayanan pendidikan KB - TK Tarakanita 1, kreativitas orang tua dan anak dalam menyongsong Hari Natal agar orang tua menyadari bahwa kegiatan yang dilakukan bersama anak dapat menumbuhkan motivasi dan semangat anak dalam berkreasi, penerimaan raport semester 1 dan 2 agar orang tua memiliki rasa tanggung jawab untuk mengikuti perkembangan yang dilalui anak selama menjalani pendidikan di KB -  TK Tarakanita 1 melalui dialog pribadi dengan wali kelas anak, dan melibatkan orang tua dalam kegiatan Pentas Seni pada acara tutup tahun agar orang tua ikut serta menyumbangkan pikiran, tenaga, kemampuan dan finansial bagi kegiatan anak.

 

  1. b.    Kerja sama dengan alumni

Sampai saat ini KB - TK Tarakanita 1 belum memiliki wadah untuk menjalin kerja sama dengan alumni dikarenakan kondisi dan situasi di mana pendidikan yang dialami anak selama menjalani pendidikan di KB - TK Tarakanita 1 relative singkat. Pihak sekolah sendiri untuk saat ini masih kesulitan untuk menjalin kerja sama dengan alumni.

 

  1. c.    Kerja sama dengan instansi terkait lainnya

Pihak sekolah telah melakukan berbagai kerja sama dengan instansi lain khususnya tentang pendidikan anak seperti lembaga-lembaga yang bergerak di bidang produk untuk anak-anak yaitu pasta gigi kodomo, Faber castel, susu anak-anak, makanan anak-anak, carex, kantor pos yang memproduksi acara-acara anak-anak, dan sebagainya. Kegiatan ini dilakukan baik di sekolah maupun dengan melakukan kunjungan ke lokasi. --